Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Beda DDR dan DDR2

Senin, Maret 30, 2009
Terkadang bagi kita terasa sulit membedakan RAM tipe DDR dan DDR2.. berikut adalah beberapa yang membedakan keduanya entah dalam segi fisik atau lainnya.

DDR = Dual Data Rate adalah jenis RAM yang mampu mengakses 2 buah data dan dieksekusi secara bersamaan. Dan teknologi tersebut tidak didapati pada tipe RAM jenis lama seperti SDRAM dan lainnya. Dan dapat diartikan DDR memiliki 2x kecepatan cara kerja dibanding RAM sebelumnya.


Dari segi speed (kecepatan) pada RAM jenis DDR berbeda satu sama lain. Speed yang tercantum pada RAM menggambarkan semakin tinggi kecepatannya, seperti PC-2100 PC-2700 dll.
DDR sendiri digolongkan pada beberapa speed seperti PC-2100, PC-2700, PC-3200, sedangkan DDR2 memiliki speed seperti PC-4200, PC-5300, PC-6400. Namun bila anda menjumpai DDR2 yang memiliki speed diatas PC-6400 dapat diartikan speed RAM tersebut merupakan hasil overclocking atau juga karena pengaturan oleh alat eksternal lainnya.


Kemudian perbedaannya juga berdasar dari jumlah pin nya. Jumlah Pin untuk DDR lebih sedikit dibandingkan DDR2. Dan juga perbedaan berada pada "celah" penyangganya.



Sedangkan dibawah ini beberapa contoh gambaran mengenai Speed pada RAM DDR :




Udah itu aja y??? Soalnya memang cuma itu yang saya tahu... Semoga bermanfaat! :)

0 komentar to Beda DDR dan DDR2:

Posting Komentar