Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Instalasi Windows XP sp2

Rabu, Maret 18, 2009
Microsoft Windows XP SP2 merupakan salah satu sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan software terkemuka dunia, Microsoft. Sistem operasi yang lebih tenar bila dipanggil "Windows XP" ini dianggap sangat familiar dikalangan masyarakat indonesia. Selain karena fitur yang lebih user-friendly dibanding sistem operasi lainnya, Windows XP dinilai lebih mudah untuk digunakan karena memiliki spesifikasi hardware minimum yang memudahkan untuk menginstall dan juga terjangkau oleh masyarakat umum. Namun walaupun dianggap cukup mudah untuk digunakan, namun terkadang akan terasa sulit bila belum terbiasa menginstalasi sistem operasi ini. Terlebih bagi orang awam yang belum terbiasa dengan penggunaan perangkat komputer. Nah, untuk itu, dengan niat tulus dari hati yang terdalam (ciee'elah..) semoga artikel ini dapat membantu..


Langkah instalasi Windows XP (sp2):

Sebelum melakukan instalasi, perhatikan dulu bahan dan peralatan yang hendak dipakai. Dan jangan lupa mengecek spesifikasi komputer anda yang hendak anda install dengan Windows XP, apakah sudah sesuai? berikut adalah spesifikasi hardware minimum komputer yang cocok untuk menggunakan Windows XP :

Processor : Pentium IV 1.5 Ghz/Processor lain yang setara.
RAM : 128 MB
lain-lain : CD-ROM/DVD-ROM/RW , CD Master Windows XP


1. Nyalakan komputer, kemudian tekan delete (AMI BIOS) pada keyboard agar dapat masuk ke dalam menu BIOS (Basic Input Output System) komputer.
2. Setelah masuk menu BIOS, pilih menu Boot, kemudian pilih Boot Device Priority.
3. Rubah CD-ROM pada posisi 1st Boot Device untuk dapat boot dari CD-ROM. Untuk memindahkan posisi dapat menggunakan tombol Ctrl +- pada keyboard. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi.
4. Restart komputer, lalu masukkan CD master Windows XP sesaat setelah komputer menyala. Kemudian pada tampilan berikutnya, bila muncul kata-kata press anykey to boot from CD . . . tekan tombol sembarang .
5. Setelah muncul tampilan biru (tampilan awal instalasi) tekan Enter untuk melanjutkan proses instalasi. (tombol R untuk Recovery Console, F3 untuk cancel)
6. Lanjut pada Lisencing Agreement, tekan F8 untuk melanjutkan (tekan Esc untuk membatalkan).
7. Pada gambar partisi harddisk belum terisi oleh sistem windowd/ Untuk membuat partisi baru, tekan tombol C pada keyboard dan tekan Enter untuk menginstall.
8. Lalu masukkan seberapa besar partisi yang hendak anda buat dalam satuan megabyte(MB). Lalu tekan Enter bila telah selesai membuat partisi (seperti pada gambar).
9. Kemudian tekan Enter untuk memulai proses instalasi (tekan D untuk delete partisi yang anda buat).
10. Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file sistem (Quick) lalu tekan Enter. Tunggu hingga proses instalasi system selesai.
11. Bila proses instalasi dari poin 1 >> 10 benar maka akan tampil seperti gambar berikut.
12. Setelah muncul layar seperti dibawah ini kemudian klik Next.
13. Lalu isikan Nama dan Organisasi anda pada kolom yang muncul, kemudian klik Next.
14. Lalu muncul halaman isian Serial Number atau Product Key dari type windows anda. Isi dengan benar dan teliti sesuai serial number windows anda. Kemudian klik Next.
15. Isikan Nama Komputer dan Password (administrator) untuk mengaksesnya. Lalu klik Next.
16. Set Time Zone pada posisi (GMT+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Klik Next.
Blockquote
17. Typical setting : pada option ini settingan jaringan akan dibuat default Windows dan Custom setting : untuk mensetting jaringan anda secara manual. Pilih Typical setting untuk yang lebih familiar. Klik Next.
18. Bila anda terkoneksi kejaringan local dengan Domain pilih option Yes, lalu isi nama DOMAIN yang sama dengan Domain jaringan anda. Sebaliknya jika tidak terhubung ke jaringan / terhubung tapi tanpa domain pilih No. Lalu klik Next.
19. Dan selanjutnya anda tikan menekan OK, Next, Skip dan Finish dan juga diminta mengisikan nama anda. Bila anda sudah berada pada tampilan desktop seperti dibawah ini berarti instalasi berjalan lancar. Dan anda tinggal menginstal driver hardware komputer anda.

Untuk Referensi bila ingin lebih memahami, klik disini untuk download tutorial lengkap (file type : PDF)!

0 komentar to Instalasi Windows XP sp2:

Posting Komentar