Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Microsoft Windows 7

Rabu, April 08, 2009

Kabar baik bagi para peminat peranti lunak (software) sistem operasi Windows. Karena menurut kabar yang beredar bahwa pada akhir tahun 2010 (2009 untuk pengguna korporasi dan 2010 untuk pengguna ritel) dengan nama Microsoft Windows 7. Namun sebenarnya pihak Microsoft telah mengedarkan Microsoft Windows 7 versi beta sejak 7 Januari-10 Februari lalu dan telah banyak pengguna telah men-Download versi beta tersebut. Tindakan tersebut diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi pengguna untuk memberi komentar dan masukan mereka kepada pihak Microsoft.

Windows 7 ini merupakan hasil pengembangan dari kernel Windows Vista yang sebelumnya telah muncul di pasaran dan menembus angka jual 100juta lisensi. Sehingga sebagian besar fitur yang ada didalamnya hampir mirip dengan Windows Vista (terdapat 50 fitur baru). Dengan adanya beberapa fitur baru yang ditambahkan pada Windows 7, maka menunjang berbagai kelebihan. Diantaranya:


-) Kinerja

Mendapat keterangan langsung dari pihak Microsoft bahwa Windows 7 memiliki kinerja yang lebih baik. Dan juga dimungkinkan untuk lebih mudah dan cepat digunakan daripada Windows Vista.

-) Tema

Di Windows 7 ini Microsoft menyediakan sebuah pemilih tema baru yang lebih baik dengan menu preview dalam ukuran asli dan memungkinkan untuk menyimpan tema custom hanya dengan beberapa klik. Bahkan menurut rencana, Microsoft akan mengubah namanya dari Themes menjadi Styles.

-) Sidebar Tidak Lagi Digunakan

Dibandingkan dengan widget Mac OS X yang dapat ditempatkan pada desktop, perbedaan yang paling terlihat pada gadget Microsoft adalah peletakannya pada sidebar di sebelah kanan layar (Windows Vista). Namun pada Windows 7 nantinya akan dihapuskan karena dianggap terlalu banyak menggunakan tempat. dan gadget dapat diletakkan langsung pada desktop.

-) Baterai

Selain fitur-fitur baru yang ditawarkan, ada satu hal yang dikatakan cukup menarik. Yaitu kemampuan yang baik untuk menghemat daya baterai. (Mobile pada notebook)

-) Taskbar

Windows 7 tidak lagi menampilkan icon aplikasi kecil lagi lengkap dengan nama aplikasi melainkan hanya icon berukuran besar mirip dengan Mac OS X. Alat-alat lain yang terhubung seperti kamera juga akan muncul di taskbar bersama jendelaa aplikasi. Secara keseluruhan fitur ini membuat Windows 7 tampil menarik.

-) Libraries

Fitur ini mengumpulkan semua file dalam PC anda berdasarkan tipe ke dalam library masing-masing untuk memudahkan managemen media. Contoh, semua PC dan jaringan akan dikumpulkan di sebuah library yang dapat diakses di satu.

-) Upgrade Calculator, Wordpad, dan Paint

Preview Windows 7 tidak memperlihatkan Photo Gallery dan Movie Maker yang dikemas dengan Vista. Secara resmi Microsoft mengemas sedikit sekali aplikasi pada Windows 7, tidak seperti Vista. Aplikasi Photo Gallery dan Movie Maker dan Email telah dijadikan unduhan gratis yang disebut Windows Live Essentials.

-) Memilih Jaringan Wireless sekali KLIK!

Cukup Klik adapter Wi-Fi di system tray untuk menampilkan pilihan jaringan nirkabel yang tersedia sehingga anda dapat langsung memilih hanya dengan satu KLIK!

-) Fitur Touch Screen 

Versi Windows pertama yang mendukung multi-touch yang memungkinkan anda mengendalikan OS ini dengan kedua tangan.

Diatas merupakan sebagian kecil dari fitur-fitur baru yang ditawarkan Windows 7. Untuk memastikan seperti apa nyatanya, mari kita tunggu waktu beredarnya Windows 7! Semoga bermanfaat..

0 komentar to Microsoft Windows 7:

Posting Komentar