Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Bluetooth 3.0

Selasa, April 14, 2009
Merasa kurang puas dengan Bluetooth 2.0? Mungkin jawaban dari pertanyaan tersebut akan segera muncul beberapa hari kedepan. Karena berdasar data yang beredar, akan di launching sebuah teknologi Bluetooth baru. Bluetooth SIG (Special Interest Group) secara resmi akan mulai meluncurkan teknologi terbaru Bluetooth 3.o tepatnya tanggal 21 April 2009 yang bertepatan Hari Kartini di Indonesia. Bluetooth seri 3.0 ini akan menggantikan peran Bluetooth 2.0 yang sebelumnya cukup dikenal ditahun-tahun belakangan.

Cukup menarik bila menyinggung soal teknologi Bluetooth 3.0 ini, karena berdasar laporan kecepatan dari Bluetooth 3.0 ini hampir mencapai 18x dibanding kecepatan Bluetooth seri 2.0 yang ada sekarang. Standar Bluetooth 3.0 yang dulu disebut sebagai Bluetooth UWP diharapkan memiliki kecepatan dan nirkabel jarak-pendek yang lebih cepat. Standar ini disebut-sebut mendukung sampai 480Mbps, bahkan hingga mencapai jarak 6-30 kaki kecepatan transfer minimal diharapkan mencapai 53,3Mbps dan berada di kisaran 100Mbps. Peningkatan kelebihan dari Bluetooth 3.0 selain kecepatan adalah berkurangnya peluang terputusnya koneksi  saat sinkronisasi.

Ditambah dengan teknologi Generic AMP (Altenate MAC/PHY) Bluetooth 3.0 akan mampu melakukan transfer data setara dengan kecepatan transfer Wi-fi. Standar Bluetooth 3.0 bahkan mendukung frekuensi Bluetooth untuk mencakup protokol 802.11, sehingga bluetooth dapat diaktifkan diatas Wi-fi. Bahkan oleh Bluetooth SG, mengatakan bahwa Bluetooth 3.0 dimungkinkan untuk dapat men-transfer secara nirkabel seluruh kepustakaan musik, satu keping DVD, ataupun beribu koleksi foto hanya dalam hitungan detik. Bluetooth 3.0 juga memamerkan kemampuan Enhanced Power Control yang dapat mengurangi terputusnya koneksi headset ketika memasukkan Ponsel ke dalam tas atau saku.

sumber : www.google.co.id

0 komentar to Bluetooth 3.0:

Posting Komentar